Jumat, 19 Juli 2019

Lantai kayu keras

Lantai kayu keras (hard woods flooring parquet) - Diperkenalkan pertama kali di Prancis pada Tahun 1600-an dengan nama parqueterie. Perkembangannya dimulai dari Versailles dan menyebar dengan sangat cepat ke seluruh Eropa. Lantai kayu keras terbuat dari kayu asli dan berbentuk seperti balok kecil dengan pola geometris,simetris maupun asimetris.



Pada mulanya lantai kayu solid/keras diciptakan untuk mengganti lantai keramik yang dingin yang kurang baik menurut kesehatan,lantai kayu keras mampu mengendalikan suhu ruangan tetap stabil. Dengan memasang lantai kayu solid/keras selain mendapatkan kenyamanan juga mendapatkan manfaat yang luar biasa untuk kesehatan Anda dan keluarga.

Desain interior dengan lantai kayu keras

Pemasangan lantai kayu tidak sembarangan,membutuhkan tenaga ahli untuk mengaplikasikannya.Parket adalah jenis penutup lantai yang biasanya membutuhkan bantuan profesional berdedikasi tinggi untuk menginstalnya. Jenis kayu pun berpengaruh pada efek warna meskipun warna kayu pada umumnya tidak terlalu banyak variannya. Pemilihan warna kayu dapat dilakukan dengan memilih jenis kayu yang digunakan. Untuk warna hitam bisa memilih lantai kayu Sonokeling,warna kemerahan bisa memilih lantai kayu Merbau,untuk warna elegan/warna keemasan bisa memilih lantai kayu Jati grade A.

Pemasangan lantai kayu secara lazim berbentuk geometris yaitu ditempatkan secara teratur,tersusun dalam satu jenis dan warna kayu. Di lain kesempatan ada lagi model yang lebih kompleks seperti efek bintang atau bentuk matahar,dan yang paling populer adalah pola Herringbone atau Chevron. Herringbone dikatakan sebagai pilihan yang paling populer untuk parket modern.

Lantai kayu Solid vs Lantai kayu egineered,mana yang lebih baik ??

Pada mulanya perusahaan lantai kayu hanya memproduksi lantai kayu solid atau lantai kayu keras yang 100% terbuat dari kayu asli,namun seiring dengan kemajuan teknology dan semakin menipisnya bahan baku maka dibuatlah lantai kayu rekayasa atau lantai kayu tiruan. Adalah lantai kayu engineered yang terbuat dari beberapa lapisan kayu yang dipasang secara saling silang,untuk memanipulasi mata,dibagian lapisan permukaan diberi motif kayu,motif kayu tersebut bisa disesuaikan dengan jenis kayu yang diinginkan,lantai kayu engineered lebih bebas di ekplore baik motif maupun warnanya.

Instalasi lantai kayu parket keras/solid

Sebaiknya instalasi dilakukan oleh profesional,kita butuh banyak peralatan dan skill yang mumpuni dalam melakukannya. Memasang lantai kayu yang tepat akan mempengaruhi keawetan kayu dimasa yang akan datang.

Di era sebelumnya,memasang lantai kayu keras direkatkan menggunakan aspal panas,hingga ditemukan lem perekat dingin khusus lantai kayu. Perekat lem kayu lebih aman,lebih stabil dibanding dengan aspal,dan akan sulit dibongkar pasang jika nanti ada parket yang rusak.

Merawat lantai kayu sangat mudah,cukup dibersihkan dengan sapu halus atau kain pel halus dan kering setiap hari,maka lantai kayu akan tampil prima,tetap kinclong dan bersinar indah.

Membersihkan dan memelihara lantai kayu parket keras selain yang dijelas diatas,juga dapat menggunakan penyedot debu untuk mengangkat kotoran yang berada di sela-sela parket,jangan gunakan kain pel basah intinya jangan biarkan lantai kayu parket Anda lembab,selalu jaga dari genangan air atau tetesan air,lap sesegera mungkin jangan tunggu air merembes ke pori kayu.
Jika perlu gunakan cairan khusus pembersih lantai kayu,bisa menanyakannya langsung ke tempat Anda membeli lantai kayu parket.

Jenis lantai kayu parket yang paling banyak digunakan terbuat dari kayu Jati,lantai kayu Jati terbagi 3grade kualitas yaitu grade A,grade B dan grade C yang semua dibedakan dari warna kayu dan tempat pengambilan bagian kayu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar