Kamis, 25 Juli 2019

Pilih lantai kayu solid apa engineered ?

Pertanyaan menarik tentang pilihan lantai kayu solid atau lantai kayu engineered?

Lantai kayu solid

Lantai kayu solid hadir dalam berbagai dimensi dan gaya, dengan material yang terbuat dari kayu padat sepenuhnya. Lantai kayu solid awalnya digunakan untuk tujuan struktural,sebagai tiang penyangga sebuah bangunan yang dipasang tegak lurus.

harga lantai kayu


Teknik konstruksi modern jarang menggunakan kayu sebagai tiang utamanya,beton lebih dan lempengan baja lebih dipilih. Sementara lantai kayu hanya sebagai pemanis dibagian luarnya saja. Lantai kayu solid terlihat lebih eksklusif dalam hal penampilan dan berkarakter kayu alami.

Lantai kayu solid dapat menyeimbangkan suhu ruangan dan dapat pula diberi alat pemanas dibagian bawahnya. Biasanya 300 mm lantai kayu adalah paling besar yang dapat diproduksi dari kayu solid. Sebenarnya tidak ada ukuran baku mengenai hal ini,namun ukuran standar akan bekerja lebih baik disetiap lingkunganya. Untuk Teknik konstruksi kontemporer, karakteristik yang paling signifikan dari lantai kayu solid adalah bahwa mereka dapat diinstal melalui lempengan beton dengan sistem pemukulan yang memiliki pemeliharaan yang paling sedikit.

Lantai kayu engineered

Lantai kayu engineered lebih populer ketimbang lantai kayu solid,lebih banyak orang mengggunakannya. Dalam satu papan parkit terdapat beberapa lapisan yang membentuknya. Lapisan paling atas adalah bagian paling penting yang membentuk warna dan serat kayu tiruan begitu nyata.

Lantai kayu tiruan

Lantai kayu laminasi dan lantai kayu vinyl terkadang salah mengartikan dan sering keliru sebagai lantai kayu tiruan. Lantai kayu vinyl terbuat dari bahan plastik atau PVC. Vinyl dan veneer menggunakan lapisan tipis kayu dengan inti yang bisa menjadi salah satu dari sejumlah produk kayu komposit yang berbeda.

Lantai kayu tiruan adalah jenis yang paling umum dan paling banyak digunakan secara global. Amerika Utara adalah satu-satunya benua yang lebih besar pengguna lantai kayu padat tiruan,yang kemudian menyebar keseluruh dunia.

Perbandingan lantai kayu solid dan lantai kayu tiruan.

Sepintas sulit untuk membandingkan lantai kayu solid dengan lantai kayu tiruan. Ada beberapa kekurangan pada lantai kayu solid. Lantai kayu solid tidak boleh dipasang di area kelembaban tinggi atau tempat yang rentan terhadap banyak tumpahan air, dan itu tidak boleh digunakan dengan pemanasan lantai bercahaya. Lantai kayu solid biasanya terbatas dalam ukuran lebar dan lebih rentan terhadap gapping (ruang yang berlebihan antara papan),memuai menyusut (cembung melengkung ke atas ketika kelembaban meningkat)

Lantai kayu solid dapat diampelas lebih sering.

Permukaan lantai kayu solid dapat diampelas ulang,dan bisa dipasang kembali menggunakan paku. Lantai kayu solid cenderung lebih murah daripada kayu tiruan bahkan dapat diamplas berkali-kali.

Tapi keunggulan lantai tiruan tidak dimiliki oleh lantai kayu solid. lantai kayu tiruan lebih stabil dalam kondisi lembab, dan lebih murah untuk menginstal.
Biaya instalasi lantai kayu solid biasanya lebih rendah dari lantai kayu .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar